Sabtu, 17 September 2011

JUM'AT CENDOL NYUSUN PLOT CERITA SUPAYA NGGA BORING

Suker : Hilman Hariwijaya
Kita ngobrolin soal nulis skenario yaaaa? Aku ambil dari salah satu skenarioku yg udah panjang tayangannya... 320 eps... yaitu Arti Sahabat di indosiar. Kebetulan dari awal aku yg bikin plotting ceritanya...

Nah kendalanya, setelah menulis cerita ratusan episode itu, gmana supaya kita bisa bikin agar tiap episode tetep greget dan ga boring.

Secara garis besar sih rumusannya begini:

1. Sinetron tuh beda ma film. Kalo film yg menjadi dasar penting adalah CERITAnya. Sedang sinetron, yang paling penting KARAKTER TOKOHnya. Itu kenapa CF bisa sukses, MuM (melati untuk marvel) bisa 300an eps, itu karena karakter tokoh2nya yang nempel di penonton.... Dan bisa jadi wakil penonton. Spt juga LUPUS suksesnya kan karena karakter2nya, hehehe. Jadi kalo mau bikin sinetron yg berumur panjang, bikinlah karakter yang bisa nempel dan diterima penonton. Gimana bikin karakter yg bagus? Nah itu bisa nanya sama pak KepSek... Dia paham bgt lah... Ini terbukti dari aku bikin bbrp sinetron yg cukup sukses dan panjang. Arti Sahabat, CF, MUM, CDA, Suci... etc etc.. banyak deh, hehe

2. Tiap eps harus bikin konflik yg kena ke karakter utamanya. Jadi kalo misalnya kita bikin satu trek cerita bagus, tapi yg kena masalah itu bukan tokoh utamanya, ya penonton kagak mo peduli. Artinya gini, misalnya kita nonton CF, pasti cewek2 pd bayangin dirinya jadi Fitri, trus kita bikin masalah pelik yang menimpa Moza, misalnya. Ya secara emosional penonton ga akan ikut terbawa, karena kan sebodo amat deh Moza mo nungging kek, kayang kek, yang penting si Fitri aman-aman aja.

3. Untuk seri panjang, biasanya banyak tokohnya. Nah kita harus bikin trek2 cerita yg menarik dari masing2 tokohnya, tapi kalo bisa, semua harus saling berkaitan dan punya efek ke tokoh utamanya.... Jadi flow ceritanya bisa enak dan ga patah-patah. Yang penting lagi, tiap eps harus bikin twist2 yg menarik... twst artinya, tikungan cerita yang ngga ketebak, hingga penonton dibuat ga bergerak dari tempat duduknya... merasa penasaran mau ikutin apa lanjutan ceritanya.... Makanya FREEZE itu penting. FREEZE harus sst yang hook audience.

4. Jangan bikin sc panjang2, lbh bagus pendek, cepet dan penuh intercut.

5. Coba bikin tema cerita dimulai dari masalah sepele, lalu bertingkat jadi besar, dan besar, dan besaaar... dan makin complicated.... spt contohnya, di series 24. Hingga akhirnya memancing rasa kagum penonton, yg berpikir: gila ya? Ngga nyangka cuma gara-gara salah nempelin nama bayi aja, tu bayi jadi ketuker dan ribet banget urusannya...

6. TIap scene harus ada konflik dramanya... Jangan bikin sc sc basa basi yang cuma ngobrol doang. Atau pengulangan informasi  Yg harus dipikirin, ga penting tokoh cerita kita tau info itu apa nggak, tapi lbh penting penonton di rumah, tau nggak info itu? Paham apa nggak?

7. Jangan bikin sc sc yang REPETITIVE. Pengulangan. Kalo adaptasi, terinspirasi dari film atau series lain, itu malah syah-syah aja. Asal jangan pengulangan.

8. Jaga kontiniti cerita dan karakternya... juga harus make sense. Meski kadang kita punya liberty juga demi untuk bikin drama yg bagus.

9. Dialog2 hrs to the point. Hindari kata2 spt: Ya udh, kalo gitu, ngomong-ngomong, oya?

10. Believe me, meski banyak org mencemooh sinetron itu cemen, tapi sama sekali ngga gampang bikin ceritanya. Jauh lebih gampang nulis buku. Tanya deh sama yg udah terjun ke sinetron series apalagi yang stripping...

Udah dehhhh... yuk ngobrol. Maap kalo ada salah2 ngetik. Ngebut bgt bikinnya, dipaksa ma nessa tuhhhhh.

CONTOH SKENARIO CUPLIKAN TRACK ZUL DI RANUM:

ADD SCENE RANUM episode 1
Track ZULFIKAR (Bemby Putuanda) eps 1

35. A EXT. gang kampung - siang
CU: Perut buncit ZUL yang lagi diolesin krim pelangsing sama dia sendiri. Ngolesinnya sambil lenggak-lenggok dengan luwes.
Sampai kemudian kita perlihatkan ke atas, dan terus ke atas, lalu tampak wajah menyeringai ZUL. Di depannya beberapa ibu kampung sedang ngumpul dan terkagum-kagum, sambil kasak-kusuk. Mereka adalah ibu-ibu gendut. Tapi salah satunya adalah MIRANDA, yang wajahnya tampak penasaran berat!
MIRANDA
Wah, wah... Beneran gak sih ini? Beneran bisa langsingin perut, Bang?
ZUL bicara dengan logat Betawi.
ZUL
Yaelah, mpooookk! Makanya liat aja ntar gimane epeknya di perut aye! Nih, perhatiin terus deh pokoknye. Jangan ampe berkedip kalo perlu! Bakalan ada keajaiban ame perut aye! Bentar lagi bakal nyusut-suuuttt... Kempes!
Crowded
Ah, masa sih?// lagian masa epeknya secepet ntu?// iye, ye?
ZUL terus sibuk mengolesi krim itu di perutnya.
ZUL
Liat pan, tadi pas aye baru dateng, perut aye masih ngegelembung kayak cewek bunting pan?
Semua langsung pada koor, "Iyeeeeeee..." ZUL senyum. Lalu ia menarik otot perutnya dan sengaja nahan napas. Terus dan terus.
CU : Kita perlihatkan perut ZUL mulai mengeras dan meramping.
Semua mata ibu-ibu di situ terbelalak. Muka mereka terkagum-kagum.
CROWDED
Waaahh, beneran, lhooo... // wah, wah, ebuseeeetttt! Beneran! Perutnya rata sekarang! Kita belii krim ajaib ini!!!
ZUL berusaha keras untuk menahan terus otot perutnya. Sampai sudah napas dan susah bicara.
Tapi mata ZUL mendadak melihat sosok seorang cewek cantik di kejauhan. Mana cewek itu sexy abiiisss.
Kontan ZUL lupa diri, matanya berbinar dan mulutnya langsung bergumam dan perutnya lepaaass... Jadi kendor dan gendut seperti semula..
ZUL
Gilingan! Bohay amat tu cewek!
Semua ibu di situ kaget dan ikut menoleh. Lalu mereka kaget liat perut ZUL yang gendut kayak semula. Mereka marah dan memukuli ZUL. ZUL kaget dan berusaha menangkis, menghindari pukul dan cubitan mereka.
CROWDED
Eeee, ternyata bo'ong-bo'ongan yaa!// Sial! Ditipu kite-kite!// untung aja belom beli! Huh!// Dasar tukang tipuuu!!!
ZuL
Ampun! Ampun, mpoookk!! Aye bukannya bo'ong! Tadi tuh beneran! Ini cuma kembung keisi angin barusan!
ZUL lekas mengemasi barang dagangannya dan berusaha kabur. Semua masih marah dan berusaha mengejar. ZUL lekas kabur sejauh-jauhnya dengan panik.
ZUL
Tolooong! Ampuun!!
Sandal, kaleng, batu, melayang tertuju ke arah ZUL...
CUT TO:
44. A. EXT. jalanan - siang
ZUL kini penampilannya udah kembali oke dan selalu dandan abis-abisan. Pake celana putih ketat, baju kotak-kotak ketat, dan pake bretel, ala Smash Band…
ZUL mengendari motornya dengan penuh semangat. Seringkali ia melihat pantulan mukanya sendiri di spion.
ZuL
Buset! Buah semangka, jatoh di atep. Gak nyangka gue cakep!
Mendadak... BRAAAKKK!
Motor ZUL menabrak seorang pria paruh baya bernama Djoko yang sedang menyeberang jalan! DJOKO kesakitan dan ngamuk, sambil terpincang-pincang.
ZUL
Eh, ampun pak, maaf!
Djoko
Maaf, maaf!! Punya mata gak, sih? Bawa motot gak liat-liat! Pasti kamu gak punya SIM, ya? Dasar kampungan! Baru beli motor aja udah belagu! Sok kecakepan!
ZUL kaget dan kesel dikata-katain.
ZuL
Eh, Om! Gak usah menghina gitu, dong. Saya pan udah minta maap!
DJOKO
Orang miskin kayak kamu itu memang suka norak kalo punya barang baru!
ZUL makin tersinggung. Ia melirik dan liat mobil mewah yang parkir dekat sana.
ZuL
Dasar orang sok kaya jelek! Paling juga lo supirnya kan?? Cuihh! Lo punya anak gadis, juga gue ogah!
DJOKO
Pih! Gue-nya juga ogah punya menantu butut kayak elo!
ZuL
Eh Om. Kata kakek gue, dia baca dari air di baskom, calon bini gue ntu anak orang kaya! Keturunannya jelas! Bibit, bebet dan bobotnya kualitas unggul! Gak kayak sitttuuu! Huh!
DJOKO
Ya udah, gak usah banyak bacot, ganti rugi dulu nih, kaki gue sakit!
ZUL jadi kesel dan menyalakan mesin motornya, siap pergi.
ZUL
Bodo ah! Situ nyebrangnya juga meleng pan?
DZIIINGG!! Tau-tau motor ZUL udah melesat pergi. DJO kaget dan teriak kesal.
DjOKO
Heeiii! Tunggu! Hh, awas lo ya!
CUT TO:
44. B INT. ruang tamu kantor zul - sore
Zul sampai di kantornya dan keringetan. Ia mau kasih laporan ke BENO, tapi kaget karena di sana ada cewek cantik lagi bicara dengan BENO.
MONA
Coba dululah, Pak. Pasang iklan di majalah saya, sebulan aja. Majalahnya kan mingguan, jadi produk Bapak muncul 4 kali. Saya kasih bonus 2 kali dehhh...
Beno
Makasih, tapi saya kurang tertarik.
MoNA
Pak, majalahnya saya memang baru terbit, tapi Oplah edisi pertama sampe 200 ribu eksemplar lohhh...
ZUL langsung berbinar dan nyerobot.

ZUL
Wah, bagus banget itu, Pak! Setuju banget sama usulan si mbak cakep ini. Siapa mbak namanya?
MONA
(salaman)
Mona...
ZUL
Monas?
MoNA
Mo-na! Mona Magnolia.
ZuL
Oh, ya. Mona.
(ke BENO)
Pak, kita langsung pasang iklan produk kita untuk kontrak setahun aja sekalian, Pak!
(ke MONA)
Dapet diskon dong pastinya?
BENO kaget, sementara MONA langsung kegirangan.
MONA
Oh, pasti!
(ke BENO)
Makasih ya, Pak! Ah, akhirnya Bapak setuju juga untuk pasang iklan di majalah saya! Makasih, makasih! Nanti saya kirim invoice-nya...
BENO kaget dan mua protes, tapi MONA terlanjur kegirangan, BENO jadi gak enak. Sementara ZUL senyam-senyum bangga. MONA ambil tas dan pamit.
MONA
Ya udah, saya pamit dulu. Trima kasih atas kerja samanya, Pak Beno!
MONA ngajak salaman BENO. BENO nyengir asem. MONA lalu keluar ruangan. ZUL liat kepergian MONA sambil senyam-senyum, lalu membalikkan badan dan JRENG! BENO langsung mengemplang kepala Zul.
ZUL
(teriak kesakitan)
Adaoooo, kepala Vicky kenape dipukul???
BeNO
Lo tuh udah gila, ya! Ngapain kita buang-buang duit dengan masang iklan di majalah baru kayak gituuu?? Grrhh!!
ZUL kaget dan takut.
BeNO
Kita tuh lagi penghematan, dodooooll!!! Bisa-bisa gue potong gaji lo buat bayar iklan itu. Mau lo?
ZUL kaget dan nyembah-nyembah.
ZUL
Aduh, aduh, jangan dong, Paakk! Ampuunn!
BENO masih nampak bete berat!
CUT TO:
44 C. INT. rumah mona - malam
Mona datang dengan wajah sumringah, sambil setengah berlari mencari ayahnya. Rumahnya sangat besar dan mewah.
MoNA
Papiiii!!! Aku ada kabar gembira buat Papi! Aku dapet kontrak iklan besar untuk majalahku, Pi! Mereka mau masang untuk jangka waktu setahuunnn!!!
Suara tepuk tangan terdengar, MONA menoleh, lalu tersenyum senang dan berlari mendekati orang yang kita liat dari belakang itu.
DJOKO
Hebat. Anak Papi memang hebat!
Dan kemudian baru kita tunjukkan, bahwa ayah MONA itu adalah... DJOKO!
CUT TO:

0 komentar:

Posting Komentar