Selasa, 04 Oktober 2011

KLINIK CENDOL#19_WASPADAI GAYA HIDUPMU

Oleh Titie Surya ·
      Selamat pagi Cendolers tersayang dimanapun kalian berada. Ada yang belum bangun tidur? Atau mungkin sudah bangun tapi malas mandi? Nah itu malah ada yang sudah sibuk kerja. Apapun aktivitas kalian, sebaiknya mulailah mewaspadai gaya hidupmu. Mengapa? karena ternyata nih Cendolers, beberapa penyakit yang cenderung mematikan, disebabkan oleh gaya hidup kita sendiri yang tidak benar.

    Apa saja sih dan bagaimana penyakit yang disebabkan gaya hidup itu bisa terjadi? Simak penjelasan berikut ya.

  1. Arteriosclerosis atau disebut juga penyakit pembuluh darah yang paling umum dan serius yang terjadi pada pembuluh darah jantung. Penebalan (plak) yang terjadi pada pembuluh darah jantung ini disebabkan oleh gaya hidup terkait dengan kebiasaan memakan makanan berlemak tinggi, makanan yang mengandung banyak garam, minuman yang mengandung alkohol, menyantap junk food dan merokok. Penyakit ini bisa juga dipicu oleh penyakit lain yang disebabkan oleh kelebihan berat badan antara lain hipertensi/darah tinggi, diabetes dan ginjal.
  2. Kanker yang ditandai dengan pertumbuhan sel-sel gila/abnormal cel. Meski banyak hal yang menyebabkan terjadinya kanker, tapi secara umum sekali lagi penyakit ini juga disebabkan gaya hidup tidak memperhatikan kesehatan pada umumnya seperti menggunakan terlalu banyak tambahan perasa makanan (vetsin/penyedap rasa), makanan olahan yang menggunakan banyak zat pengawet, pewarna dan perasa juga makanan siap saji yang tidak memenuhi standard kesehatan, merokok dan minuman beralkohol. Pada pria kasus kanker yang sering terjadi adalah : kanker prostat, kanker paru-paru, kanker usus, kanker urin/kandung kemih dan kanker kulit. Pada wanita kasus kanker yang sering terjadi adalah : kanker payudara, kanker paru-paru, kanker usus, kanker rahim dan kanker kelenjar gondok.
  3. Sirosis/penyakit hati kronis ditandai dengan penyakit kuning, kehilangan nafsu makan, pembesaran hati, akumulasi penumpukan cairan dan kesadaran terganggu. Penyakit ini lebih sering disebabkan karena tekanan emosi berlebihan/distress. Ada kasus seorang ibu yang mengalami pembengkakan perut hingga menyerupai perempuan hamil 9 bulan. Dokter memvonisnya terkena penyakit sirosis hati. Tentu saja semua keluarga bingung karena sang ibu dikenal sangat teliti dalam menjaga makanan yang dikonsumsinya juga rajin berolahraga. Usut punya usut ternyata si ibu mengalami tekanan emosi yang parah disebabkan karena tetangga depan rumahnya, membangun dan meninggikan rumah hingga menutupi rumah si ibu. Jadi jagalah emosi kalian dan jauhilah rasa iri, dengki dan sebagainya yang memicu distres berkepanjangan.
  4. Diabetes atau kelebihan kadar gula dalam darah seperti telah diuraikan pada minggu lalu disebabkan karena kebiasaan memakan makanan atau minuman yang cenderung terlalu manis. Sekali lagi hal ini juga disebabkan gaya hidup kita yang lebih memilih minuman berwarna ketimbang air putih. Meminum air es berlebihan, karena air es di dalam tubuh bermetabolisme menjdi gula. Juga minuman beralkohol yang tentu saja mengandung gula tinggi yang membahayakan tubuh.
  5. Stroke yang merupakan suatu kondisi kurangnya asupan oksigen ke otak yang dapat menyebabkan kelumpuhan ringan maupun total. Dulu stroke banyak dikaitkan dengan penyakit usia lanjut. Tapi nyatanya saya pernah menemukan pasien, bayi berusia 6 bulan yang mengalami stroke disebabkan karena ibu dan ayahnya perokok dan peminum alkohol kelas berat juga mengalami distress. Stroke banyak dipicu karena kebiasaan merokok yang menyebabkan asupan oksigen dari jantung ke otak terhambat,  karena paru-paru tidak mensupport kerja jantung disebabkan racun nikotin yang bertumpuk. Stroke juga bisa dipicu kaena penyakit diabetes, kelebihan kolesterol, kurang olahraga, penggunaan pil KB yang tidak tepat juga kelebihan berat badan

    Nah Cendolers, penting bukan mewaspadai gaya hidup kita? Terutama kalian yang masih setia menjadi ahli hisap (alias perokok), sudah deh hentikan dan buang jauh-jauh kebaisaan burukmu itu. Bukankah lebih asyik nulis ditemani segelas jus dengan sedikit gula, cendol yang kenyel-kenyel ataupun sebotol ramuan temulawak? Lebih sehat dan membuat kalian tidak berhenti berkarya tiba-tiba karena serangan penyakit tersebut di atas.
   
    Salam sehat dan sukstress

    Baker Bunder yang selalu sehat dan cantik

2 komentar:

Anonim mengatakan...

biasakan gaya hidup sehat ya.
:)biasakan gaya hidup sehat ya.
:)

Nidya Meidhyana mengatakan...

iya.. harus dibiasakan bergaya hidup sehat :)

Posting Komentar